MANAJEMEN BIMBINGAN PENYULUHAN OLEH PENYULUH AGAMA ISLAM DI KOTA BANJARMASIN

Authors

  • Rustam Nawawi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama

Keywords:

Management, Extension Guidance, Islamic Religious Extension

Abstract

Penelitian ini berjudul Manajemen Bimbingan dan Penyuluhan oleh Penyuluh Agama Islam di Kota Banjarmasin dengan tujuan untuk mengetahui manajemen bimbingan dan penyuluhan, baik perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan sistem evaluasi yang dilakukan oleh Penyuluh Agama islam.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif   dengan subjek penelitian adalah penyuluh agama Islam di Kota Banjarmasin dan objek penelitian adalah manajemen bimbingan dan penyuluhan.

Berdasarkan hasil penelitian data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penyuluh

agama Islam di Banjarmasin telah membuat Perencanaan bimbingan dan penyuluhan sudah berjalan dengan baik yakni dengan dilakukannya: analisis identifikasi potensi wilayah atau kelompok  sasaran  dan  tersusunnya  perencanaan dilanjutkan dengan  pembuatan program tahunan dan program operasional kegiatan. Pengorganisasian telah dilakukan oleh penyuluh agama Islam  dengan  cara  pembagian tugas  dan penyusunan jadwal  kegiatan penyuluhan. Sedangkan pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan belum sepenuhnya berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan sebagian penyuluh agama Islam masih kurang dalam penguasaan materi dan komunikasi dengan audiennya. Sementara itu sistem evaluasi yang digunakan oleh para penyuluh agama Islam berbentuk penyusun instrument evaluasi penyuluhan agama, menganalisis data hasil evaluasi, dan menyusun laporan kegiatan penyuluhan.perencanaan pembelajaran yang terdiri dari pembuatan program tahunan, pembuatan program semester, dan penyusunan silabus sudah berjalan dengan baik.

Author Biography

Rustam Nawawi, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama

Widyaiswara Ahli Muda pada Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin

Published

2020-10-14