PEMAHAMAN GURU TERHADAP KONSEP DASAR PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM APLIKASI PENYUSUNANNYA

Authors

  • Haeruman Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama

Keywords:

Pemahaman Guru, Konsep Dasar PTK

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bahasa Inggris Classroom Action Research (CAR) merupakan suatu kegiatan penelitian yang dilakukan guru baik pada tingkat pendidikan dasar atau menengah dalam rangka untuk mengetahui serta memperbaiki proses belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas.

Bahwa dalam penyusunan penelitian Tindakan Kelas yang harus diperhatikan oleh seorang peneliti yaitu seorang guru, adalah   apa tindakan yang akan dilakukan guru dalam proses pembelajaran dikelasnya ? kemudian apa yang akan ditingkatkan dengan tindakan tersebut ? selanjutnya siapa yang akan dikenai tindakan, artinya orangnya atau siswa kelas berapa ?

Selanjutnya juga yang tidak kalah pentingnya seorang guru dalam melakukan tindakan juga jangan melakukan kesalahan seperti; 1) Isi ajaran dalam proses pembelajaran atau materi nya yang pertama, jangan diulang pada siklus kedua, artinya bisa diulang  jika materi tersebut bisa dilakukan beberapa pertemuan, karena mengandung makna atau kedalaman materi serta tema yang berbeda tapi masih dalam materi yang sama. 2) Metode mengajar yang diterapkan atau dilakukan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran pada siklus pertama, jangan dirubah pada siklus kedua, dan yang 3) siswa yang dihadapi oleh seorang guru pada siklus pertama dan keuda tidak boleh diganti oleh siswa yang lain, dan seterusnya.

Sementara menurut Kisyani pada PTK mendefinisikan classroom   action research yang dilaksanakan secara siklik, dalam rangka memecahkan masalah sampai masalah itu terselesaikan.

Berdasarkan dari beberapa pendapat dalam uraian dibawah ini, maka PTK dilakukan dalam proses pembelajaran yang dialami di kelas sesuai dengan jadwal sehingga tidak mengganggu kegiatan proses pembelajaran. Oleh karena itu PTK bersifat situasional (dinamis), kontekstual, bersekala kecil, terlokalisasi dan secara langsung relevan dengan situasi nyata di dalam kelas.

Author Biography

Haeruman, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama

Widyaiswara Ahli Madya pada Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin

Published

2020-10-14